Selasa, 11 Agustus 2009

BOROBUDUR



Candi Borobudur sebagai candi budha yang terbesar di dunia dan merupakan salah satu tujuh dari keajaiban dunia, ini harus tetap kita dukung keberadaannya dalam survei-survei internasional. Karena dengan ini kita berarti sudah mencintai tanah air kita, bangga dengan hasil budaya nenek moyang cipta kreasi yang maha besar.

Candi ini didirikan th. 859 Masehi yaitu pada masa pemerintahan Raja Samaratungga dengan tokoh sang arsiteknya yaitu Gunadharma. Penemuan candi th.1814 masehi berkat usaha Gubernur jendral Inggris Sir Thomas Stamford Rafles.

Pemugaran pertama dilakukan oleh Th Van Erp th.1907 masehi- 1911 masehi. Pemugaran kedua oleh UNESCO dibawah pemerintahan Presiden Suharto th. 1973-1983.

Borobudur berasal dari dua kata yaitu Bara dan Beduhur. Bara berasal dari bahasa Sanskerta artinya Vihara, dan Beduhur dari bahasa Bali artinya diatas bukit. Lokasi di desa brorobudur kecamatan borobudur kabupaten magelang, yogyakarta. letak geografis dilingkari gunumg tidar, gunung merapi, gunung merbabu, pegunungan menore, gunung sumbing.

Di foto atas adalah dokumentasi Pak Eko Mardi Susilo, S.Pd selaku guru sejarah dalam membimbing study tuor di lokasi situs candi borobudur tgl. 20 mei 2008, bersama siswa SMA Negeri 3 Tuban jl. Manunggal no 14 Tuban, Jawa Timur Telp. (0356) 321997

Tidak ada komentar:

Posting Komentar